test

Cara repair handphone mati total

Sebelum menganalisa kerusakan handphone karena mati total, ada banyak penyebab yang berhubungan dengan rusaknya handphone, salah satu diantaranya adalah human error.

Kerusakan yang sering terjadi handphone sudah terindikasi short atau korslet, water damage (terkena air), terjatuh, kesalahan dalam proses upgrade firmwarenya dan lain-lain.

Disini saya akan jelaskan secara bertahap dalam menganalisa kerusakan handphone mati total, dengan gaya bahasa saya (bahasa sehari-hari) hehee..yang sebisa mungkin dapat difahami semua kalangan walaupun bukan sebagai profesi seorang teknisi (tukang service handphone).

Mati Total - Hardware

Di dalam komponen handphone terdapat beberapa komponen seperti capasitor, resistor, dioda, lilitan, fuse , ic power dan lain-lain. Komponen-komponen tersebut bisa bekerja apabila tegangan yang dibutuhkan sudah terpenuhi dan secara otomatis handphone bisa melakukan fungsinya. Tegangan-tegangan yang dibutuhkan agar handphone dapat berfungsi adalah tegangan kerja dan tegangan perintah.

Tegangan Kerja adalah tegangan yang berkerja untuk menjalankan perintah dari tegangan yang dibutuhkan.
Tegangan Perintah adalah tegangan yang bertugas untuk memberikan perintah kerja agar tegangan yang dibutuhkan handphone dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Tegangan kerja itu diantaranya tegangan vcore, vana, vflash, vio
Tegangan perintah (kerja) diantaranya tegangan vr1, vaux

Berikut salah satu contoh Nokia 6610 mati total beserta tricknya

a. Tegangan Kerja
 
b. Tegangan Perintah Kerja

Apabila handphone tersebut mati total karena hardware, analisanya adalah kita ukur dulu tegangan kerja dan tegangan perintah kerjanya. Pertama kita ukur dulu tegangan kerjanya apakah tegangan-tegangan tersebut (Vio, Vcore, VFlash dan Vana) sesuai dengan yang dibutuhkan, jika salah satu tegangan tersebut tidak ada maka analisa kerusakannya adalah pada IC Powernya.Begitu juga dengan tegangan perintah kerja, jika salah satu komponennya tidak bekerja.

Hal tersebut dikarenakan karena IC Power lah sumber utama dari tegangan tersebut dapat berfungsi, IC Power bertugas mengeluarkan tegangan-tegangan tersebut. Jadi jika IC Power sudah rusak maka secara otomatis berpengaruh pada tegangan kerja dan tegangan perintah kerja tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik dan hal itu juga yang menyebabkan handphone mati total.



Semoga bermanfaat.
Terimakasih

Cara repair handphone mati total Cara repair handphone mati total Reviewed by mastersolusi ponsel on 20:05 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.