test

Blackberry 9800 mati total karena short atau korslet

Sebelum melakukan repair pada mesin Blackberry 9800 tersebut, langkah untuk menganalisa yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

Penyebab matinya Blackberry 9800 tersebut di karenakan software atau hardware, lakukan pengecekan dahulu. Yang pertama ukur dulu tegangannya dengan bantuan alat Power Supply, perhatikan nilai tegangan yang keluar.

Setelah dicek, tegangannya langsung keluar sangat tinggi di kisaran 0,75Ampere. Dari sini bisa saya jadikan acuan sebagai bahan untuk menganalisa, kemungkinan besar Blackberry 9800 tersebut mati total di sebabkan short atau korslet. Semestinya tegangan normalnya ada dikisaran 0,07 sampai 0,09 Ampere.

Selanjutnya adalah menganalisa jalur manakah yang short atau korstlet. Karena bisa jadi korslet atau shortnya di jalur tegangan Vbat atau di luar jalur Vbat. Tahapannya ukur jalur Vbat, sesuai di skema ada dioda C208 adalah suply tegangan Vbat 1 dan Vbat 2 untuk area RF atau bagian signal dan L902 adalah jalur Vbat yang akan berubah menjadi  Vbat F untuk suply ic power U1001. Caranya beri sumber tegangan ke mesin, jika di atur pada skala 3.8Volt, maka jalur Vbat nilai tegangannya  juga harus sama dengan arus tegangan dari Power Supply. Sampai disini, nilai tegangan di jalur Vbat normal.

Tahap kedua, adalah memastikan jalur yang tidak dilalui Vbat. Caranya sambungkan mesin Blackberry dengan kabel USB. Ukur tegangan pada jalur Vbus, keluar tegangan 5,1Volt. Masih berada di area ic power, tegangan output banyak yang tidak normal. Tegangan clock juga tidak normal dan jalur VCC_main keluar tegangan 1,7Volt. Langsung analisa di ic yang mempunyai kode U901, seperti gambar dibawah :    

Ketika sumber tegangan dari kabel USB masih terhubung ke mesin Blackberry, perlahan ic U901 terasa panas.Cek tegangan V1_8DIG di C 921 hanya keluar tegangan 1.02Volt. Kemudian ukur  tegangan V1_8DIG di ic U1002 juga sama, semestinya keluar tegangan 1.8Volt. Perhatikan gambar dibawah ini
Seperti keterangan di skemanya ic U1002 tersebut merupakan Memory Retention, Supply Switch, LDO & Reset. Kesimpulannya tegangan input ( di C 1093 adaah jalur tegangan VPWR_SYS ) dan output ( di C 1094 & C 1095 adalah tegangan V1_8DDR ) dan tegangan resetnya  1.8Volt  untuk ic U1002 ini harus normal. Jika tegangan output bermasalah, analisanya ic tersebut rusak. 
Solusinya adalah ic U1002, penyebab mati total pada Blackberry 9800 tersebut, eksekusinya ganti ic U1002.


Problem ini sekedar analisa kerusakan mati total karena short atau korslet. Dan masih banyak penyebab mati total karena short selain masalah yang saya tulis disini.


Semoga bermanfaat
Terimakasih

Blackberry 9800 mati total karena short atau korslet Blackberry 9800 mati total karena short atau korslet Reviewed by mastersolusi ponsel on 23:46 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.