test

Cara Flashing Redmi Xiaomi 4A via FASTBOOT

Hallo master ..
Artikel kali ini, master solusi ponsel akan mengulas cara melakukan proses flashing smartphone Readmi Xiaomi. Secara software proses untuk flashing smartphone merk Redmi Xiaomi produk buatan Tiongkok tersebut sama, akan tetapi ada beberapa pilihan yang dapat digunakan tergantung kebutuhan atau problem yang terjadi. Diantaranya ada proses melalui System Update dan Recovery Update yang mana proses ini kondisi smartphone masih normal atau tidak dalam kondisi passlock atau ada kerusakan software. 

Hal tersebut perlu untuk melakukan perbaikan software dari Operating System Redmi Xiaomi karena beberapa hal, diantaranya Proses Upgrade ke versi OS yang lebih tinggi dengan menggunakan metode System Update atau bisa juga melakukan proses downgrade versi dengan cara metode Recovery Update. Kedua proses untuk perbaikan software tersebut tidak berlaku pada kerusakan software dimana smartphone dalam kondisi terkunci yang penangannya menggunakan metode Fastboot Update.

Perbedaan diantara masing-masing metode tersebut ;
1. Proses Software System Update : Kondisi smartphone normal
Hidupkan jaringan wifi, cari folder Updater [dengan gambar panah keatas] klik, kemudian tampil System
Operating yang sedang digunakan, jika Redmi Xiaomi milik Anda masih belum pernah Update System maka secara otomatis ada pemberitahuan, saat ini Update terbaru MIUI8. 
Silahkan pilih menu Download Update, setelah proses download selesai, kira-kira membutuhkan waktu 15 menit tergantung dari kecepatan akses koneksi wifi, nanti akan otomatis melakukan decrypting file. 
Lakukan Reboot untuk pemulihan dan penyesuaian system terbaru.

2. Proses Software Recovery Update : Kondisi smartphone normal
Proses ini lebih mudah dengan bantuan PC yang terhubung ke internet, unduh file recovery update disini, pilih sesuai type smartphone dan unduh sesuai versi yang telah dipakai selama ini di Redmi Xiaomi milik Anda, setelah download file selesai silahkan ganti nama file tersebut dengan nama update.zip. Selanjutnya atur USB Debug sudah diaktifkan di perangkat Redmi Xiaomi, sambungkan ke PC dan copy paste file unduhan yang sudah diganti nama tadi ke internal memory.
Kembali ke smartphone, pilih menu atau folder Updater, pilih Reboot to Recovery mode, Ingat jangan lupa mengganti file unduhan dari server dengan nama update.zip, lakukan Reboot to Recovery, pilih file Update dan tunggu proses nya selesai.

3. Proses Software Fastboot Update : Kondisi smartphone terkunci
Proses ini tidak sama atau berbeda dengan dua cara proses update diatas, pada metode ke tiga ini kondisi smartphone dalam keadaan terkunci atau lupa pola dimana Anda tidak dapat masuk ke menu. Proses ketiga ini juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan software karena kerusakan seperti restart, hank, terserang virus, atau Anda ingin melakukan proses root.

Tutorial nya ;
1. Download File Firmware khusus untuk metode Fastboot dengan file yang berektensi tgz. Jika file unduhan masih berupa file zip atau lainnya, silahkan rename jadi ektensi tgz [ file.zip rename file.tgz].
2. Ekstrak file.tgz tadi 
3. Download MiFlash, kemudian ekstrak, dan jalankan tool nya 
4. Klik menu Browse di Tool MiFlash, masuk ke file firmware yang sudah diekstrak, pilih folder images
5. Klik menu Advance dibawah menu Browse, kemudian klik kolom pertama dari beberapa kolom yang ada, dengan memilih metode flash yang diinginkan yakni Flash all, tutup atau close.
6. Posisikan Redmi Xiaomi 4A atau type lain ke mode FASTBOOT dengan cara tekan dan tahan tombol Volume+ dan Power bersamaan, pilih menu FASTBOOT
7. Sambungkan Redmi Xiaomi 4A ke PC, klik menu Refresh di Tool MiFlash, jika sudah terdeteksi ID Device, klik tombol Flash all [Letaknya dibawah menu Tool MiFlash], kemudian klik Flash
8. Tunggu sampai proses selesai

Download bahannya dibawah ini :
1. Tool MiFlash
2. PC Suite Mi, install dulu di PC untuk bisa mendeteksi driver usb dari Redmi Xiaomi
3. File Firmware khusus untuk perbaikan software melalui metode FASTBOOT
Redmi Xiaomi 4A download disini  atau disini [ rename ke ekstensi tgz, jika unduhan berekstensi tar ]
Redmi Xiaomi 4Prime download disini
Redmi Xiaomi 4 download disini





Cara Flashing Redmi Xiaomi 4A via FASTBOOT Cara Flashing Redmi Xiaomi 4A via FASTBOOT Reviewed by mastersolusi ponsel on 15:27 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.