test

Blackberry Short atau Korslet


Menganalisa kerusakan Blackberry karena short atau korslet yang bisa menyebakan boros battery bahkan sampai mati total. Untuk mengetahui cara repairnya ada 2 (dua) analisa yang sangat mudah untuk menentukan short atau korslet nya.

Penjelasannya sebagai berikut :
  1. Short karena jalur Vbatnya
  2. Short karena jalur tegangan kerjanya

Analisa pada Blackberry Bold 9000

Short atau korslet di jalur VBAT

Jika IC Power Blackberry 9000 short, cara analisanya angkat atau remove capasitor yang dilalui jalur VBAT ke VBAT_F di C 1061, jika di remove short atau korsletnya hilang, IC Power tersebut yang short, solusinya ganti IC Power.
Jika C1061 di remove short nya masih ada, maka analisa short dilanjutkan ke bagian lain.

Lihat gambar di bawah ini :
Short atau korslet di jalur tegangan kerja

Pastikan tegangan autput dari IC Power saat diukur normal, jika ada salah satu tegangan yang short lakukan analisa rangkaian jalurnya. Ukur terlebih dahulu capasitor nya,masih bagus apa tidak kemudian ukur tegangannya .

Contoh yang sering terjadi short adalah IC U1002 yang mana IC tersebut menghasilkan tegangan V1_8DIG, analisanya :

Jika diukur C 1088 tidak keluar tegangan sebesar 1,8 V, coba di remove C 1092 (jalur VPWR_SYS) kemudian cek kembali, jika short atau korsletnya hilang maka analisanya IC U 1002 yang short, solusinya ganti IC tersebut.



Semoga bermanfaat.
Terimakasih.













Blackberry Short atau Korslet Blackberry Short atau Korslet Reviewed by mastersolusi ponsel on 23:03 Rating: 5

2 comments:

  1. klo shortnya di c1088....tegangan v1_8DIG itu yg menghasilkan IC apa? knp di c1088 short ya....dah baca skema, keburu pusing...dah vonis ic flash aja...soalnya dr situ kata skema outputnya. tolong donk suhu, ajarin lg...makasiihhhhh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.