test

Xperia Mini short atau korslet


Analisa kerusakan pada handphone merk Sony Ericsson type Xperia yang mengalami korslet atau short, hal ini bisa terjadi dikarenakan human error. Disini saya akan mengulas kerusakan pada hardware dengan kerusakan korslet yang bisa menyebabkan mati total pada perangkat Xperia tersebut.


Pertama sebelum melakukan repair di mesinnya, terlebih dahulu ukur konsumsi arusnya karena hal tersebut bisa menyederhanakan analisa kerusakannya (korslet atau short). Lakukan pengukuran dengan Power Supply (PS), jika saat handphone di hubungkan ke PS perhatikan pada jarum ampere yang ada di layar mesin power supply.


Analisanya sebagai berikut :
1. Jika sebelum di tekan tombol on, jarum ampere pada power supply sudah bergerak maka bisa dipastikan handphone tersebut korslet atau short di jalur yang dilalui teganganVBAT. Solusinya adalah fokuskan repairnya pada komponen (capasitor, lilitan) yang dilalui jalur VBAT.


2. Analisa selanjutnya, jika saat dihubungkan ke power supply jarum ampere tidak bergerak (diam) lanjutkan untuk analisanya yakni dengan cara menekan tombol on (hidupkan), jika jarum ampere pada power supply bergerak melampaui 0,20A sudah bisa dipastikan handphone tersebut korslet atau short. Solusinya adalah fokuskan untuk mengukur tegangan kerjanya.


Contoh kerusakan :
Xperia mini korslet atau short sesudah menekan tombol On
Gejala kerusakan :
Perangkat handphone selalu bergetar
Di ukur dengan Power Supply :
Terdeteksi jarum bergerak sampai 0,49A setelah menekan tombol On  

 
Perhatikan komponen VIBRA (perangkat getar) yang jalurnya langsung menuju ke IC Audio (N 1600) melalui jalur tegangan Vbat. Cara analisa kerusakannya yang paling mudah  yakni dengan mengganti komponen Vibra nya dulu, jika setelah diganti korslet atau short nya hilang analisa kerusakan ada di komponen Vibranya. Akan tetapi jika setelah Vibra di ganti korslet atau shortnya masih ada (gejala getar masih terasa) lakukan pengangkatan atau remove komponen V5100 jalur Vbat, jika short hilang analisa kerusakan ada di IC Audio nya. Solusinya Ganti IC Audio.



Silahkan download skema Xperia : disini






Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Xperia Mini short atau korslet Xperia Mini short atau korslet Reviewed by mastersolusi ponsel on 18:24 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.