test

Analisa kerusakan Blackberry 9220 – 9320 - Part 2 - Keypad bermasalah

Setelah sekian lama tidak update artikel dikarenakan sibuk di dunia offline. Melanjutkan artikel sebelumnya, kami akan mengulas kerusakan keypad Blackberry 9220 yang bermasalah. Analisa kerusakan tersebut berdasarkan hasil dari service Blackberry di tempat kami.

Ada beberapa kasus yang sering dijumpai, terkait kerusakan keypad ini diantaranya :
Tombol keypad tidak keluar huruf ketika ditekan
Tombol keypad mengeluarkan huruf double

Analisa kerusakan yang pertama, Tombol keypad tidak dapat mengeluarkan huruf. Sebelumnya perlu diketahui bahwa dalam jalur keypad tersebut ada istilah Key_in dan Key_out
Perhatikan gambar dibawah ini 

Struktur keypad di Blackberry 9220 – 9320 




Cara repairnya :
Ukur dulu tegangan keyout nya, jika tidak normal maka lakukan pengecekan dijalur tersebut. Sesuai Skema diagram bahwa semua jalur keyout menuju ke Dioda ( D 2003 ). Jika terjadi kerusakan, silahkan ganti dioda tersebut.

Untuk kerusakan keypad ketika ditekan tombol mengeluarkan huruf double, seperti contoh ketika ditekan huruf A, yang keluar huruf  AA, analisanya silahkan cek tegangan keyin nya. Seperti cara diatas, jika jalur keyin bermasalah silahkan ganti Dioda ( D 2002 ) karena semua jalur keyin menuju ke Dioda yang letaknya persis dibawah trackpad.


Semoga bermanfaat
Terimakasih

Analisa kerusakan Blackberry 9220 – 9320 - Part 2 - Keypad bermasalah Analisa kerusakan Blackberry 9220 – 9320 - Part 2 - Keypad bermasalah Reviewed by mastersolusi ponsel on 20:51 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.