test

Cara repair keypad Blackberry Bold 9000 ( 2 )

Melanjutkan dari artikel yang pernah saya jelaskan terdahulu, disini saya akan berbagi cara repair keypad yang kerusakannya adalah tombol yang berada pada jalur KEY_IN_1 di Blackberry Bold 9000 tidak berfungsi atau mengalami hank.
Melihat pada jalur tersebut, seperti gambar dibawah, yang termasuk dalam jalur tersebut adalah huruf  Q , E , R , U , O , P dan A.
Untuk menganalisa kerusakannya adalah sebagai berikut.
  1. Pastikan pada mesin yang di lingkaran keypad tidak terdapat korosi atau karatan.
  2. Ukur teganganya, keypad normal akan menunjukkan nilai Ampere tertentu.
  3. Jika diukur di salah satu jalur tersebut tidak menunjukkan nilai tegangan. Lanjutkan pada analisanya dengan menelusuri jalur KEY_IN_1 atau lakukan pengukuran tegangan pada komponen yang berhubungan dengan jalur tersebut.

Solusi dari kerusakan pada jalur tersebut, saya temui pada komponen Dioda (D816) yang berada di posisi tombol volume terjadi korslet atau short. Caranya ukur tegangan pada dioda tersebut dengan memastikan bahwa pada jalur positif (IO1) nya. Dan setelah dicek diketahui bahwa jalur positifnya korslet atau short. Langkahnya dengan mencabut komponen Dioda tersebut, kemudian setelah itu memastikan jalur KEY_IN_1 pada tombol ( Q – E – R – U – O – P dan A ) dan diketahui kembali normal.


Analisanya bahwa tidak berfungsinya jalur pada tombol tersebut terjadi korslet atau short, hal ini banyak di sebabkan karena human error atau kena air. Kemudian setelah proses analisa dan meremove Dioda tersebut, lakukan penggantian komponen yang baru atau yang normal.

Demikian analisa kerusakan keypad Blackberry Bold 9000 , mudah-mudahan dapat menjadikan analisa dan meng inspirasi untuk mengambil keputusan dalam perbaikan keypad Blackberry.



Semoga bermanfaat
Terimakasih
Cara repair keypad Blackberry Bold 9000 ( 2 ) Cara repair keypad Blackberry Bold 9000 ( 2 ) Reviewed by mastersolusi ponsel on 21:56 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.