test

Lampu LCD NOKIA X2 PADAM



NOKIA X2-01 KERUSAKAN HARDWARE
By mastersolusiponsel

Kali ini tips n triks tentang kerusakan Lampu LCD NOKIA X2 yang tidak dapat berfungsi atau lampu LCD padam. Untuk mengetahui penyebabnya maka yang perlu dilakukan adalah menganalisa kerusakan dengan melakukan tahapan sebagai berikut :

  1. Lakukan tes LCD, ganti yang baru.
Jika lampu LCD masih tetap tidak dapat hidup, berarti kerusakan tidak di LCD nya.

  1. Lakukan cek tegangan kerja untuk LCD, yakni mengukur tegangan yang dibutuhkan LCD agar dapat berfungsi yakni tegangan VIO 1.8V di C 2400 dan tegangan VAUX 2.8V di C 2401.

Jika kedua tegangan tersebut ada, analisa kerusakan dilanjutkan ke jalur tegangan VLED + dan VLED - . Karena kedua tegangan kerja untuk LCD tersebut ada, bisa dipastikan ic Power dan ic CPU masih berkerja normal.

Perhatikan gambar skema dibawah ini :

 Selanjutnya untuk memastikan jalur VLED + dan VLED – masih normalkah ? yakni dengan cara menggunakan bantuan alat Avometer kemudian setel Avometer kearah buzz, lakukan cek jalur dengan menempelkan kabel promp Avometer di kaki konektor no.12 ( jalur VLED + ) dan jarum promp yang lain ke kapasitor ( C 2302 ). Jika disentuhkan berbarengan, kalo jalur normal atau tidak putus maka Avometer akan mengeluarkan bunyi. Jika putus jalur, maka ketika kedua ujung kabel promp disentuhkan ke komponen tidak keluar suara dari Avometer. Maka yang dilakukan adalah dengan cara mem bypass atau jumper dari kaki konektor LCD nomer 12 ke kapasitor C 2302.

Perhatikan gambar dibawah ini :






Semoga bermanfaat
Terimakasih
Lampu LCD NOKIA X2 PADAM Lampu LCD NOKIA X2 PADAM Reviewed by mastersolusi ponsel on 13:21 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.