test

Redmi 2 Camera Error

Halo Master .. Kembali lagi dengan smartphone Xiaomi - Redmi 2, kali ini saya akan mengulas kerusakan kamera Redmi 2 tidak dapat digunakan atau difungsikan. Problem ini kami ambil dari meja kerja yang sempat terlupakan untuk dijadikan bahan materi di blog ini, setelah beberapa kali menemukan kasus serupa maka kami perlu untuk merangkum dan memberikan penjelasan sesuai kemampuan yang kami punya.

Ada beberapa kategori permasalahan kamera di smartphone yang sering dijumpai, diantaranya
1. Hasil gambar terlihat buram
2. Hasil foto atau video tidak tersimpan di memori 
3. Kamera tidak dapat difungsikan.

Hasil objek dari pengambilan gambar oleh kamera di smartphone tentunya ditentukan oleh kwalitas kamera smartphone [perangkat kamera] itu sendiri, jenis kamera pixel dan kwalitas megapixel, sangat jauh perbedaannya. Dulu kita mengenal kamera di handphone legendaris seperti Nokia 3230, Nokia 6600, Sony Ericsson K700 sudah cukup puas untuk digunakan. Jika dibandingkan dengan kwalitas kamera di jaman smartphone Android saat ini, jelas jauh perbedaanya.

Kedua tentang hasil foto atau video yang tidak otomatis tersimpan di memori, kejadian ini seringkali disebabkan oleh ruang penyimpanan di memori internal atau memori eksternal tidak cukup atau sudah penuh, juga sering dibeberapa kasus yang kami temui cukup mengganti memori baru dan permasalahan selesai. Dan tergadang kami temui kerusakan di mesin juga, ic memori nya rusak.

Kembali pada permasalahan kamera Redmi 2 tidak dapat di fungsikan, kamera belakang hanya kelihatan gelap dan tidak merespon, contoh videonya dapat dilihat di akhir artikel.

Sebelumnya kami mencoba mencari informasi terkait kerusakan tersebut di internet, ternyata kebanyakan pembahasannya tertuju pada kerusakan software atau program. Karena memang ada beberapa versi firmware Xiaomi - Redmi yang ketika pengguna smartphone melakukan update otomatis via pembaharuan di smartphone Xiaomi banyak yang mengalami masalah. Diantaranya signal 3G dan 4G tidak fungsi, simcard tidak terdeteksi dan mungkin kamera tidak berfungsi tersebut bisa juga disebabkan proses update pembaharuan versi Miui di Xiaomi.

Setelah melakukan proses flashing Redmi 2 dari upgrade versi Miui8 terbaru, kemudian downgrade ke versi Miui7 tidak menunjukan hasil, akhirnya kami melanjutkan analisa kerusakan di mesin dengan cara mengecek tegangan, akhirnya ditemukan penyebabnya bahwa kerusakan kamera yang terjadi di Redmi 2 yang kami tangani, 100% kerusakan mesin terjadi konslet.

Kejadian konslet ada di area jalur tegangan perintah kerja dan dapat kami simpulkan analisa sederhananya bahwa cara kerja kamera di smartphone merupakan proses dari tegangan perintah kerja setelah mendapat input tegangan dari tegangan kerja.

Lihat videonya :
Kamera Redmi 2 Error - versi MIUI 8

Kamera Redmi 2 Error - versi MIUI 7
Analisa kerusakannya, dicek tegangannya dengan Power Supply, langsung konslet

Demikian analisa kerusakan kamera di Redmi 2 tidak dapat digunakan, semoga artikel ini dapat  membantu dan bermanfaat.

Redmi 2 Camera Error Redmi 2 Camera Error Reviewed by mastersolusi ponsel on 09:36 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.