test

Analisa Kerusakan Blackberry 9220 – 9320, ( Charge Error ) 2

Lanjutan dari permasalahan kerusakan yang terjadi pada jalur charge di Blackberry 9220 – 9320. untuk pembahasan yang kedua ini, permasalahan saat pengisian batrei tidak dapat penuh. Ada beberapa sebab kerusakan tersebut terjadi, bisa dikarenakan batreinya kering, batrei nya berubah bentuk (gemuk) bisa dikarenakan kabel charge rusak, bisa juga komponen seperti IC Power , Processor, atau CPU bermasalah.

Namun sebelum lebih jauh dalam memutuskan bahwa komponen IC yang bermasalah, lebih baik memulai dari jalur charge nya dulu diukur masih normalkah?
Untuk itu, pastikan bahwa jalur USB Charge nya dengan mengukur tegangan di kaki-kaki konektor USB, selanjutnya ukur  titik Test Point yang terhubung pada masing-masing jalur : VBUS, USB N, USB P, USB ID dan jalur Ground.

Seringkali dijumpai bahwa komponen D 2100 nya bermasalah, solusinya adalah dengan cara menjumper atau bypass dari kaki nomer 2 ( USB N ) ke komponen FL 2100 dan kaki nomer 3 ( USB P ) ke titik FL 2100, perhatikan seperti gambar dibawah ini :

Untuk komponen D 2100 tidak perlu dibuang, asal kondisinya tidak korslet atau short. Dan yang perlu diperhatikan adalah kaki USB yang ada 5 masih normal.


Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Analisa Kerusakan Blackberry 9220 – 9320, ( Charge Error ) 2 Analisa Kerusakan Blackberry 9220 – 9320,  ( Charge Error  ) 2 Reviewed by mastersolusi ponsel on 06:36 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.