Rabu, 20 Juni 2012

Cara repair Keypad Blackberry ( 1 )

Filled under:


Kerusakan pada keypad di Blackberry ada beberapa analisa yang bisa dipakai untuk melakukan repairnya. Analisanya adalah mengetahui kerusakan tersebut dikarenakan tombol keypadnya atau kerusakan karena jalur keypadnya yang bermasalah. Bisa jadi karena Software nya bermasalah atau corrupt, bisa juga dikarenakan kerusakan pada bagian Hardwarenya atau kerusakan di mesinnya.

Untuk itu langkah pertama cek terlebih dahulu apakah kerusakan karena software atau karena hardware. Analisanya jika kerusakan karena Software, ciri-cirinya adalah ketika tombol keypad ditekan program langsung hank (keypad tidak dapat berfungsi) hal tersebut bisa dikarenakan programnya corrupt atau terkena virus. Untuk merepairnya anda cukup lakukan upgrade versi OS Blackberry nya. Untuk cara upgrade OS Blackberry, anda bisa baca tentang cara upgrade OS Blackberry.

Ciri-ciri kerusakan keypad karena Hardware, diantaranya :
  1. Semua tombol keypad tidak berfungsi
  2. Sebagaian keypad saja yang berfungsi
  3. Keypad kacau


Contoh kerusakan keypad Blackbery Bold 9000
Analisa kerusakannya sebagai berikut :

  1. Semua tombol keypad tidak berfungsi
Perhatikan gambar dibawah







Cek pada tombol keypad yang berwarna hitam dan merah, ukur tegangannya dengan bantuan alat Avometer, analisanya jika Blackberry keypadnya normal atau berfungsi maka semua tombol tersebut ada tegangannya.

Jika kerusakan semua tombol keypad tidak berfungsi, sedangkan saat dicek tegangan pada tombolnya ada maka kerusakan bukan pada mesinnya. Solusinya bersihkan dahulu keypad nya mungkin ada kotoran yang menempel, bisa juga anda lakukan dengan menggores tiap-tiap lingkaran keypadnya.

Selanjutnya jika saat dicek pada tombol keypadnya tidak ada tegangan, analisanya jalur keypad tersebut bermasalah.

Analisanya sebagai berikut :
Cek tegangan yang ada di R 1168 dan R 1169 di jalur KEY_IN
Cek Tegangan R 1169 , R 1170 , R 1175 dan R 1178 di jalur KEY_OUT
Jika ada tegangannya berarti kerusakan keypad tidak berfungsi karena putus jalur, solusinya ganti R tersebut. 




Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Posted By Mastersolusi Ponsel21.47

Kamis, 14 Juni 2012

Xperia Mini short atau korslet


Analisa kerusakan pada handphone merk Sony Ericsson type Xperia yang mengalami korslet atau short, hal ini bisa terjadi dikarenakan human error. Disini saya akan mengulas kerusakan pada hardware dengan kerusakan korslet yang bisa menyebabkan mati total pada perangkat Xperia tersebut.


Pertama sebelum melakukan repair di mesinnya, terlebih dahulu ukur konsumsi arusnya karena hal tersebut bisa menyederhanakan analisa kerusakannya (korslet atau short). Lakukan pengukuran dengan Power Supply (PS), jika saat handphone di hubungkan ke PS perhatikan pada jarum ampere yang ada di layar mesin power supply.


Analisanya sebagai berikut :
1. Jika sebelum di tekan tombol on, jarum ampere pada power supply sudah bergerak maka bisa dipastikan handphone tersebut korslet atau short di jalur yang dilalui teganganVBAT. Solusinya adalah fokuskan repairnya pada komponen (capasitor, lilitan) yang dilalui jalur VBAT.


2. Analisa selanjutnya, jika saat dihubungkan ke power supply jarum ampere tidak bergerak (diam) lanjutkan untuk analisanya yakni dengan cara menekan tombol on (hidupkan), jika jarum ampere pada power supply bergerak melampaui 0,20A sudah bisa dipastikan handphone tersebut korslet atau short. Solusinya adalah fokuskan untuk mengukur tegangan kerjanya.


Contoh kerusakan :
Xperia mini korslet atau short sesudah menekan tombol On
Gejala kerusakan :
Perangkat handphone selalu bergetar
Di ukur dengan Power Supply :
Terdeteksi jarum bergerak sampai 0,49A setelah menekan tombol On  

 
Perhatikan komponen VIBRA (perangkat getar) yang jalurnya langsung menuju ke IC Audio (N 1600) melalui jalur tegangan Vbat. Cara analisa kerusakannya yang paling mudah  yakni dengan mengganti komponen Vibra nya dulu, jika setelah diganti korslet atau short nya hilang analisa kerusakan ada di komponen Vibranya. Akan tetapi jika setelah Vibra di ganti korslet atau shortnya masih ada (gejala getar masih terasa) lakukan pengangkatan atau remove komponen V5100 jalur Vbat, jika short hilang analisa kerusakan ada di IC Audio nya. Solusinya Ganti IC Audio.



Silahkan download skema Xperia : disini






Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Posted By Mastersolusi Ponsel18.24

Cara ganti mynumber di Blackberry 9530

Filled under:

Seringkali user atau pemilik Blackberry 9530 Storm yang mengeluhkan tentang panggilan atau call tampilan mynumber yang ada di layar LCD bukan nomer simcard yang digunakan.
Saat melakukan panggilan ke operator sudah pasti ada jawaban bahwa nomer yang dituju tidak dapat dihubungi, hal ini dikarenakan edit mynumber nya belum dirubah.

Berikut adalah cara merubah CDMA Service Edit Screen :
1.ketik ##000000 kemudian tekan tombol call
2.silahkan ganti  Mobile Directory Number, formatnya 6281xxx tambahkan didepan nomer anda angka 62
3.ganti juga untuk Mobile Country Networknya ke 510 (adalah kode untuk negara) adalah Indonesia
4.untuk Mobile Network Code adalah kode operator yang anda gunakan, silahkan ganti sesuaikan dengan    simcard yang digunakan
berikut kode operator indonesia :
   11 untuk (XL) 
   10 untuk (Telkomsel) 
   08 untuk (AXIS) 
   01 untuk (Indosat) 
   89 untuk (3Three) 
   21 untuk (im3)

5. Setelah itu save dengan menekan tombol lambang Blackberry , tunggu sampai Blackberry anda selesai restart kemudian silahkan dicoba untuk melakukan panggilan atau call.




Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Posted By Mastersolusi Ponsel17.09

Jumat, 01 Juni 2012

Cara repair No Respone Charge

Filled under:


Kali ini saya akan berbagi tips, tentang cara menganalisa kerusakan charge. Umumnya kerusakan saat melakukan pengisian batery handphone tidak dapat mengisi disebabkan karena kondisi battery nya yang sudah usang atau rusak (kering). Untuk memastikan kerusakan no respone charge (charge tidak ada respon), terlebih dahulu pastikan kondisi battery nya masih layak pakai, kemudian charge dan conectornya juga masih normalkah.

Contoh kerusakan, Sony Ericsson K530

Seperti gambar diatas, jalur DCIO (input output) berada di kaki nomer 12, tegangan di C 2323 dan V 2204 di jalur DCIO tersebut harus ada, jika terjadi putus jalur di kaki nomer 12, sebelum melakukan jumper pastikan C 2323 dan V 2204 kondisi masih baik kemudian lakukan bypass dari C 2323 ke kaki nomer 12.




Semoga bermanfaat.
Terimakasih.

Posted By Mastersolusi Ponsel23.09

Blackberry Short atau Korslet

Filled under:


Menganalisa kerusakan Blackberry karena short atau korslet yang bisa menyebakan boros battery bahkan sampai mati total. Untuk mengetahui cara repairnya ada 2 (dua) analisa yang sangat mudah untuk menentukan short atau korslet nya.

Penjelasannya sebagai berikut :
  1. Short karena jalur Vbatnya
  2. Short karena jalur tegangan kerjanya

Analisa pada Blackberry Bold 9000

Short atau korslet di jalur VBAT

Jika IC Power Blackberry 9000 short, cara analisanya angkat atau remove capasitor yang dilalui jalur VBAT ke VBAT_F di C 1061, jika di remove short atau korsletnya hilang, IC Power tersebut yang short, solusinya ganti IC Power.
Jika C1061 di remove short nya masih ada, maka analisa short dilanjutkan ke bagian lain.

Lihat gambar di bawah ini :
Short atau korslet di jalur tegangan kerja

Pastikan tegangan autput dari IC Power saat diukur normal, jika ada salah satu tegangan yang short lakukan analisa rangkaian jalurnya. Ukur terlebih dahulu capasitor nya,masih bagus apa tidak kemudian ukur tegangannya .

Contoh yang sering terjadi short adalah IC U1002 yang mana IC tersebut menghasilkan tegangan V1_8DIG, analisanya :

Jika diukur C 1088 tidak keluar tegangan sebesar 1,8 V, coba di remove C 1092 (jalur VPWR_SYS) kemudian cek kembali, jika short atau korsletnya hilang maka analisanya IC U 1002 yang short, solusinya ganti IC tersebut.



Semoga bermanfaat.
Terimakasih.













Posted By Mastersolusi Ponsel23.03

Cara Repair Speaker Blackberry

Filled under:


Seringkali kerusakan Speaker diakibatkan oleh human error seperti terjatuh atau terkena cairan, hingga speaker tidak dapat mengeluarkan suara dengan jernih, suara terdengar pelan bahkan sampai tidak mengeluarkan suara sama sekali. Oleh karena itu, untuk menganalisa kerusakannya cek komponen speaker apakah masih baik, cek konector pin di mesin. 

Jika semua telah di cek, selanjutnya menganalisa kerusakan pada jalur tegangan yang ada di jalur pin speaker nya. Karena bisa jadi tegangan positif (input)dari IC Audio bermasalah.

Berikut analisa kerusakan speakerphone Blackberry

Contoh Blackberry Bold 9000

1. Pastikan pada pin speaker di SP 701 normal, maksudnya jika diukur dengan alat Avometer
    jalur positif ada tegangannya. 

2. Apabila terjadi putus jalur saat diukur jarum pada Avometer tidak bergerak, selanjutnya
    ukur tegangan di C 744 , L 710 dan D 704 harus ada, karena jalur positif tersebut adalah jalur
    tegangan untuk speaker yang dihasilkan oleh IC AUDIO (U703).

Lihat gambar di bawah ini 

Caranya :
Jika jalur positif di SP 701 (pin speaker) putus atau tidak ada tegangan, jumper aja jalur positifnya ke
C 744








Semoga bermanfaat.
Terimakasih.












Posted By Mastersolusi Ponsel22.58

Cara Repair USB Charger Blackberry

Filled under:


Problem pada USB Blackberry, seringkali terjadi dikarenakan USB lepas dari bord atau putus jalur. Sehingga saat Blackberry akan di charge tidak dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sebelum melakukan penggantian port usb, berikut saya sertakan analisa dan cara melakukan repair nya.

Jika USB Blackberry tersebut rusak dikarenakan lepas dari tempatnya dan pin usb yang di mesin terkelupas atau rusak, maka cara untuk merepairnya adalah sebagai berikut.


 Seperti gambar diatas, adalah analisa dan cara merepairnya. Maksudnya apabila jalur pada kaki-kaki di USB putus jalur, sesuai skema diagram nya jalur tersebut terhubung ke titik Test Point (TP).

Penjelasannya sebagai berikut :
Pada USB port terdapat 5 kaki,
Kaki nomer 1 terhubung ke TP (Test Point)1603 adalah jalur VBUS yang masuk ke IC Power (TPS65856).
Kaki nomer 2 terhubung ke TP (Test Point) 1601 adalah jalur D- (D Minus, data minus) yang terhubung ke IC Processor
Kaki nomer 3 terhubung ke TP (Test Point) 1602 adalah jalur D+ (D Plus, data plus) yang terhubung ke IC Processor
Kaki nomer 4 adalah NC (no conection, tidak terhubung)
Kaki nomer 5 terhubung ke TP (Test Point) 1604 adalah jalur Ground

Setelah penggantian USB dengan yang baru atau dengan cara menjumper ke titik test point sudah selesai, selanjutnya memastikan dengan mengukur hambatan dalamnya di kaki USB yang terhubung dengan titik test point. Hal tersebut dilakukan agar dapat diketahui bahwa jalur – jalur di kaki USB tersebut sudah dapat berfungsi dengan baik.

Demikian analisa sederhana tentang kerusakan pada USB Port Blackberry, tentunya masih ada analisa yang lain dengan berbagai macam kerusakan yang diakibatkan oleh jalur USB tersebut.



Semoga bermanfaat.
Terimakasih.










Posted By Mastersolusi Ponsel22.36